Saat ini rumah menjadi hal paling penting ketika membina sebuah keluarga baru, karena itulah semakin banyak developer rumah yang membangun rumah dengan memberikan sistem pembayaran yang menarik. Tetapi terkadang ada sistem KPR rumah yang menggunakan sistem riba sehingga secara agama dianggap terlarang.

Jika anda tidak ingin membeli rumah melalui bank maupun sistem riba, anda bisa menggunakan beberapa cara mendapatkan rumah yang lain. Karena itulah anda perlu membeli rumah tanpa bank dan riba dengan beberapa cara yang akan kita ulas berikut ini:

  1. Bayar Rumah Secara Cash

Hal pertama adalah dengan membeli rumah secara cash saja, dengan begitu anda tidak perlu meminjam ke bank dengan sistem bunga. Biasanya Bank memang memberikan sistem bunga sehingga itulah yang akhirnya membuat kredit rumah tersebut mengandung riba.

Anda bisa menabung terlebih dahulu jika memang uangnya belum cukup, yang terpenting ada target kapan anda ingin membeli rumah. Dengan begitu anda bisa segera membeli rumah secara cash, tetapi memang butuh kerja keras karena tidak mudah mendapatkan rumah dengan cash.

  1. Membeli Secara Barter

Anda juga bisa membeli rumah dengan barter, misalnya anda memiliki sebidang tanah dan ingin anda barter dengan rumah tertentu. Sistem seperti itu diperbolehkan, apalagi jika antara tanah dengan rumah tersebut memang harganya sebanding sehingga anda bisa mendapatkan rumah lebih cepat.

  1. Membeli Rumah KPR Syari’ah

Anda bisa memiliki rumah dengan sistem KPR atau kredit tetapi membeli yang syariah karena sekarang banyak developer yang menjual rumah dengan sistem KPR Syariah. Jadi anda tidak perlu membayar bunga setiap bulan nya, serta tidak ada sita dalam perjanjian.

Sistem syariah ini sekarang sedang banyak disukai masyarakat karena selain lebih ringan, anda bisa mengangsur uang tersebut. Tidak perlu menabung terlalu lama karena anda bisa mendapatkan rumah sambil bekerja dan melunasi kekurangan tersebut.

  1. Bangun Rumah Sendiri Secara Bertahap

Anda juga bisa memiliki rumah dengan cara membuat rumah sendiri tetapi membeli bahan-bahan rumah secara bertahap. Jika anda menabung uang mungkin akan habis karena kebutuhan sehari-hari, tetapi akan berbeda jika anda membangun rumah secara bertahap membeli bahan-bahan nya.

Misalnya bulan pertama membeli batu bata, kedua membeli semen dan lain-lain, dengan begitu anda tidak perlu membeli rumah secara cash. Membangun rumah seperti ini memang butuh waktu lama, tetapi anda tidak perlu memikirkan uang bulanan yang harus dibayar karena anda hanya membeli bahan sesuai kebutuhan dan kesanggupan anda.

  1. Menabung Emas

Jika anda termasuk orang yang tidak bisa menabung uang, sebaiknya anda menabung emas saja agar anda tidak menggunakan nya. Setelah emas tersebut terkumpul banyak, anda bisa menjualnya dan membelikan rumah sekaligus agar bisa utuh.

Biasanya seseorang sulit menabung, apalagi jika banyak kebutuhan yang harus dipenuhi terlebih dahulu sehingga uang tabungan selalu terambil. Karena itulah anda perlu menabung dalam bentuk barang, itu akan lebih memudahkan anda untuk tidak menggunakan nya terlebih anda harus menjualnya lebih dulu untuk bisa menggunakan nya.

Itulah beberapa cara anda untuk mendapatkan rumah sebagai solusi rumah tanpa riba yang bisa anda coba. Biasanya developer memilih untuk kredit rumah sistem bank, tetapi anda cari saja developer rumah tanpa riba dengan sistem KPR Syari’ah agar lebih menguntungkan bagi anda, terima kasih.