Menghindari riba di jaman yang sudah modern ini memang membutuhkan pengetahuan lebih mengenai riba karena biasanya riba itu tidak terlihat. Bahkan ada banyak transaksi yang menggunakan sistem riba tetap digunakan oleh kebanyakan orang saat ini.

Menghindari transaksi riba ini sebenarnya bisa dilakukan dengan beberapa hal, mungkin anda perlu membaca ulasan lebih detailnya. Diharapkan anda yang mengetahui cara menghindari transaksi riba ini bisa diterapkan sehingga anda terhindar dari siksaan api neraka dengan menghindari riba, jadi cek langsung caranya berikut ini:

  1. Kenali Bahaya Riba

Hal pertama yang harus anda lakukan untuk menghindari riba adalah dengan mengenali riba itu sendiri seperti apa? Jangan menggunakan sistem riba yang nantinya hanya akan membuat anda merasa menyesal di kemudian hari.

Karena riba itu haram, maka anda perlu mengenali bahaya nya sehingga anda nantinya memiliki motivasi untuk menghindari perkara yang riba. Biasanya seseorang tetap melakukan hal buruk karena tidak tahu apa sebenarnya dampak buruk yang akan terjadi nantinya.

  1. Belajar Cara Yang Halal Bertransaksi

Hal kedua yang perlu anda lakukan adalah melakukan transaksi dengan cara yang halal, jadi anda perlu belajar terlebih dahulu sebenarnya transaksi yang halal itu seperti apa? Jangan sampai anda melakukan transaksi tanpa tahu apakah hal tersebut halal atau haram?

  1. Barang Yang Dijual Memiliki Ijin

Jika anda ingin melakukan transaksi tanpa riba, sebaiknya anda harus tahu apakah barang yang dijual tersebut memiliki ijin atau tidak? Membeli barang yang tidak memiliki ijin sama saja dengan riba, jadi anda perlu menghindarinya agar tidak terjadi hal buruk di kemudian hari.

  1. Barang Halal

Barang yang anda beli haruslah barang yang halal, jika anda membeli barang haram, maka itu termasuk ke dalam riba. Dengan begitu ancaman Allah atas siksaan bagi orang yang melakukan riba bisa anda dapatkan, jadi berhati-hatilah ketika melakukan jual beli dengan orang lain karena bisa saja jual beli tersebut terlihat halal tetapi sebenarnya diharamkan.

  1. Berhutang Pada Lembaga Khusus

Jika memang anda ingin berhutang yang tidak mengandung riba, maka berhutanglah kepada lembaga khusus agar anda terhindar dari riba. Sekarang sudah ada lembaga khusus yang mengatur hutang piutang tanpa riba sehingga lebih memudahkan untuk anda menghindari riba.

  1. Lakukan Transaksi Yang Diperbolehkan

Cara ke enam untuk menghindari transaksi riba adalah dengan melakukan transaksi yang diperbolehkan saja oleh pemerintah dan Agama. Jangan melakukan transaksi yang terlarang karena bagaimanapun semua transaksi tanpa riba itu halal dan harus memiliki ijin.

Meskipun begitu terkadang ada transaksi yang memiliki ijin tetapi tetap haram karena memberikan sistem bunga. Misalnya anda menggadaikan BPKB motor dengan sistem cicilan bulanan tetapi ada bunga tambahan yang harus dibayar setiap bulan nya.

Maka yang seperti itu termasuk ke dalam riba, jadi anda perlu menghindari berhutang atau melakukan transaksi yang ada bunganya. Apapun transaksinya jika terdapat bunga, maka itu merupakan riba, kecuali orang yang memberikan nya dengan ikhlas secara Cuma-Cuma menambahkan nominal tanpa ada perjanjian.

Itulah beberapa cara untuk menghindari transaksi riba, semoga kita semua terhindar dari riba karena ancaman di akhirat nanti sangatlah pedih. Apalagi uang riba tidak bisa disedekahkan kepada orang lain karena tidak diterima amal ibadah bersedekah dengan uang riba tersebut, jadi berhati-hatilah, terima kasih.